Software Bebas (Gratis) Untuk Laptop/PC Anda


Beberapa waktu lalu seorang
kenalan pengajar di sebuah
Madrasah yang sangat
terkenal di Kota Malang
dengan bangganya bilang
bahwa Laptop yang baru saja
dibelinya adalah Laptop
“halal” dalam artian isinya
tanpa bajakan sama sekali.
Wah hebat dong, begitu dong
jadi guru memberi contoh
yang bagus, tapi kok
penasaran ya. Setelah
“dibongkar” eh ternyata
memang Sistim Operasinya
W*n**s membeli yang asli,
tapi di dalamnya ada Office
bajakan hi hi. Setelah
diterangkan, seorang rekan
tersebut kaget juga, dan
senyum sendiri eeehhh
ternyata ada juga yang belum
paham mengenai hal ini ya,
mengingat beliau merupakan
pengajar di Madrasah yang
Favorit dan Sangat terkenal di
Malang hi hi…
Sebenarnya ada gak sih
Software untuk
“mempersenjatai’ laptop/pc
yang bisa kita peroleh tanpa
harus mengeluarkan uang
banyak/bahkan gratis ?
Jawabannya Ada.
Untuk aplikasi perkantoran
bisa menggunakan
OpenOffice yang bisa di
peroleh secara gratis dengan
melakukan download di
OpenOffice.org, tapi
ukurannya tidak kecil lho.
Tampilannya tidak jauh
berbeda dengan aplikasi
perkantoran berbayar yang
kita biasa pergunakan. dalam
paket Open Office terdapat
openOffice Writer yang
berfungsi sama dengan MS-
Word, OpenOffice
Spreadsheet yang mirip
dengan Excel, serta
OpenOffice Presentation yang
mirip dengan PowerPoint.
Selain OpenOffice writer bisa
juga menggunakan Abiword
yang bisa di download secara
gratis di Abisource.com
Untuk yang berhubungan
dengan gambar,foto bisa
menggunakan GIMP
(semacam photoshop) yang
bisa diperoleh secara gratis
dengan melakukan download
di GIMP.org dan Inkscape
(semacam Corel Draw) yang
bisa diperoleh secara gratis
pula dengan melakukan
download di inkscape.org.
Ada pula software bernama
Blender, yang
ddipeergunakan untuk
keperluan animasi
Masih ada beberapa software
bebas yang bisa diperoleh
secara grati, baik untuk
sistem operasi Windows atau
Linux (penulis menggunakan
Linux Mint), tingal
menyesuaikan dengan
kebutuhan dan bisa dicari
menggunakan mesin pencari
Google.
Sumber: kompasiana

2 responses

  1. wah judulnya ga pas tuh….
    bebas ga sama dengan gratis lho….
    di linux ada banyak software yg berbayar…. maksudnya bukan beli lisensi tapi beli produknya….

  2. Makasih atas ralatnya.
    Kita skrang memang hidup diantara para pembajar mania. Bahkan kita sendiri kadang tak sadar bahwa kita sendiri ikut jadi pembajak,
    Memang hal terbaik adalah dgn software2 gratis ntu. Tp tidak semua software2 gratis mencukupi kebutuhan kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: