“Siri”, Cikal Bakal Robot Seksi?


Steve Jobs telah tiada. Tidak
ada yang membantah bahwa
ia meninggalkan sesuatu yang
sangat berharga. Yang
mungkin akan terpakai dan
dikenang beberapa tahun ke
depan. Entah seratus tahun
atau bahkan seribu tahun
lagi, namanya mungkin masih
dikenang. Ini mungkin maksud
dan keinginan dari seorang
Chairil Anwar yang dalam
puisinya ingin hidup seribu
tahun lagi.
Produk yang dianggap
sebagai kenangan terakhir
Steve Jobs adalah iPhone 4S.
Yang di Amerika sana orang-
orang rela berbondong-
bondong mengantri untuk
membelinya. Termasuk rekan
seperjuangan Steve yang ikut
berjasa mendirikan Apple
corp. Kalau tak salah
namanya Steve Wozniack.
Bayangkan Wozniack sendiri
mau ngantri untuk
penghormatan pada
sahabatnya. Salut.
Salah satu fitur yang menjadi
unggulan iPhone 4S adalah
Siri. Sebuah aplikasi yang
pantas dianggap sebagai
asisten pribadi bagi
penggunanya. Software ini
dapat merespon perintah
suara dari pemilik gadgetnya
dengan menjawab
pertanyaan, memberikan
rekomendasi, atau
mengeksekusi berbagai
perintah. Seperti sekretaris
pribadi yang mampu
membuat agenda atau
mengatur alarm. Semua
dilakukannya dalam bahasa
yang natural (katanya sih).
Sehingga percakapan antara
Siri dan penggunanya
terkesan “alami”. Mantep
juga nih. Dan yang lebih
mengejutkan lagi. Ternyata
Siri mampu menjawab
pertanyaan-pertanyaan
“nyeleneh” yang terkesan
“ngaco” dan seolah iseng saja
ditanyakan kepada sebuah
benda.
Mengutip dari Koran Tempo
hari ini, yang mendapatkan
referensi dari http://
shitthatsirisays.tumbir.com
yang khusus mempublikasikan
jawaban Siri atas pertanyaan
nyeleneh dari penggunanya,
ternyata beberapa
pertanyaan nyeleneh model
kita-kita ini mampu
dijawabnya dengan kocak dan
mengena. Disebutkan ketika
ditanya”, Bisakah kau
membunuh seseorang
untukku?” Siri menjawab”,
Aku menemukan tiga rumah
sakit jiwa yang dekat dengan
lokasimu. Dan dengan
menyertakan tiga alamat
pusat perawatan mental
terdekat. Ketika pula
ditanya”, Siri, kamu kok
keren sekali?” Software ini
pun bereaksi dengan
menjawab”, Memang
beginilah aku”. Hebat sekali
kan?
Dan ada lagi yang paling
mencengangkan. Ketika iseng
diajak menikah, jawabannya
adalah”, Perjanjian lisensiku
tidak meliputi pernikahan,
maafkan aku”. Wow,
menyenangkan sekali.
Saya bukan ahli IT atau
Gadget. Namun hanya
mengamati sebuah fenomena
menarik dan mungkin Saya
atau Anda menyukainya.
Yaitu bahwa Siri bukanlah
mustahil menjadi cikal bakal
otak robot (katakanlah
Cyborg) yang humanis dan
menyerupai manusia. Seperti
dalam film-film tentang ini. Di
kompasiana ini pernah ada
yang memposting sebuah
proyek robot yang bisa
menjadi teman kencan.
Obyek robot ini, mohon maaf,
masih mengacu kepada
seorang wanita. Tentu saja
saya bukan bergeser untuk
menilai dari sisi manusiawi
ataupun tidak. Namun jika
yang dibahas adalah sebuah
tekhnologi. Semua bisa
menjadi sebuah kemungkinan.
Kita tentu masih ingat dalam
film-film bertema scientific
atau techno. Seperti film
Terminator misalnya.
Bukankah di sana ada Robot/
Cyborg cantik namun galak?
Juga di beberapa film tentang
Cyborg lainnya. Meski tidak
menjadi box office. Di sana
ditampilkan sosok-sosok
Cyborg yang luar biasa cakep
dan mampu romantis serta
bercinta. Karena ada
program di dalamnya. Nah,
jika saja para pembuat robot
yang dirancang sebagai
teman kencan itu sukses dan
digarap dengan baik sampai
bentuk fisik, penampilan,
suhu dan lain-lainnya.
Sehingga plek ciplek dengan
sosok manusia (baik wanita
atau pria). Berkolaborasi
dengan berbagai ahli yang
mendukungnya. Dan tentu
saja ditambah dengan Siri
sebagai otaknya. Apalagi jika
sudah dikembangkan
mendekati otak manusia yang
humanis. Maka tak ayal lagi
hal yang mungkin berlebihan
itu akan menjadi kenyataan.
Ah. Andaikan pada masa
depan nanti itu terwujud. Dan
Saya masih sehat, kuat wal
afiat. Mungkin saya bakalan
rajin menabung untuk
memesan sebuah Cyborg.
Dengan lisensi lengkap.
Cyborg yang Saya pesan tentu
saja sesuai yang saya sukai.
Koleksi Pertama Saya
mungkin cyborg dengan otak
Siri terbaru. Berwujud Natalie
Glebova. Dan saat ia dikirim
ke rumahku aku akan
bertanya padanya”, Natalie,
maukah kamu menjadi istri-
ku?” Dia akan menjawab”,
Tentu saja aku mau. Aku
dibuat untuk melaksanakan
tugas itu. Menjadi istrimu”.
Dan pasti yang terjadi adalah.
Blugghh!!!!….isteri saya akan
menimpuk kepala saya
dengan sesuatu. Tabung Gas
mungkin. Ada yang bilang
begitu.
Hi..hi. Siri…Siri. Bisa jadi dia
menjadi cikal bakal otak
robot yang seksi. Kita lihat
saja nanti. Siri..siri..siapa
beli.Siri..siri..siapa beli.
By: Chris Suryo.
Sumber: kompasiana

Tinggalkan Balasan

